Thursday, June 17, 2010

Dirjen: Konsumsi Sayur Penduduk Indonesia Masih Rendah

Tingkat konsumsi sayuran penduduk Indonesia masih rendah padahal potensi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan cukup melimpah, kata Dirjen Hortikultura Kementrian Pertanian Ahmad Dimyati.

"Tingkat konsumsi sayuran penduduk Indonesia saat ini masih rendah yakni 36-40 kilogram per kapita per tahun, angka tersebut baru 60 persen dari rekomendasi Organisasi Badan Pangan dan Pertanian (FAO)," katanya di Bandung, Rabu (16/6).

Ahmad Dimyati menyebutkan, tingkat konsumsi sayur mayur yang direkomendasikan oleh FAO yakni 73 kilogram per kapita per tahun.

Fenomena itu, kata dia, kontradiktif dengan potensi sayuran di Indonesia yang cukup melimpah hampir di seluruh provinsi di negeri ini.

Menurut dia, masih rendahnya tingkat konsumsi sayur mayur penduduk Indonesia tidak lepas budaya konsumsi masyarakat yang masih menomorduakan menu sayur mayur.

"Sayur mayur masih dianggap menu nomor dua oleh masyarakat, bila krisis keuangan menu sayuran paling dulu dicoret dari daftar menu harian. Padahal sayuran sangat dipentingkan tubuh," katanya.

Hal itu pula yang mengakibatkan pasaran sayur mayur masih belum maksimal, padahal potensinya cukup besar di Indonesia.

Masyarakat lebih mendahulukan pemenuhan kebutuhan daging untuk sumber protein keluarganya.

"Perlu sosialisasi yang lebih maksimal lagi terkait konsumsi sayuran, sehingga potensi yang ada tidak terbuang percuma," katanya.

Sementara untuk meningkatkan produksi dan tingkat konsumsi sayur mayur di masyarakat, katanya, Kementerian Pertanian dalam hal ini Dirjen Hortikultura tengah mematangkan pembahasan untuk membentuk konsorsium pengembangan hortikultura di Indonesia.

Ia menyebutkan, konsorsium itu masih dalam tahap pembahasan dengan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota serta dengan pemangku kepentingan pertanian hortikultura lainnya, termasuk sentra pembibitan tanaman itu.

sumber : http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=58634%3Adirjen-konsumsi-sayur-penduduk-indonesia-masih-rendah&catid=26%3Anasional&Itemid=44

0 comments:

Vegan Advertising

Loading...

Search

Loading...

Popular Posts

Recommended Reading

Daftarkan email anda di sini

Enter your email address:

Vegan Vegetarian Lifestyle
vegan, vegetarian recipe, milk, egg, global warming, animals, safe dog, egg replacer, vegan store, vegetarian store, vegan cake, vegan food, vegetarian ingredients, vegetarian restaurants, vegetarian shop, vegan shop, vegan stuff, vegetarian dinner, vegetarian couple, vegetarian people, anmals killing, save the world, go green, vegetarian t-shirts, vegan books, vegan living, vegetarian lifestyle